Apa Itu WordPress Developer, Hosting dan Fungsinya

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004. Sebagai sebuah CMS, WordPress bisa membantu Anda membuat dan mengelola website tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman. Anda bisa menata tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di website dengan mudah.

 

Apa Itu WordPress Developer?

Seorang WordPress Developer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam pengembangan website menggunakan CMS (Content Management System) WordPress. Mereka memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan PHP serta mampu menginstal dan mengkonfigurasi plugin dan tema WordPress.

 

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang WordPress Developer:

  • Merancang dan membangun front-end dan back-end WordPress, termasuk integrasi database dan server.
  • Menghasilkan tema dan plugin WordPress.
  • Bertemu dengan klien untuk membahas desain dan fungsi WordPress yang diinginkan.
  • Melakukan tes kinerja situs web.
  • Mengisi konten.
  • Memantau kinerja situs web secara langsung.
  • Mengikuti perkembangan WordPress dengan mengikuti pelatihan khusus atau mencari informasi lewat internet.
  • WordPress Developer bisa bekerja di suatu perusahaan atau startup, atau sebagai freelancer. Mereka akan membuat WordPress sesuai dengan permintaan yang spesifik dari klien, mulai dari tema, plugin yang dibutuhkan, dan lain-lain.

 

Apa Itu WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah jenis layanan hosting yang dioptimasi khusus untuk menjalankan CMS (Content Management System) WordPress. Layanan ini dirancang untuk memenuhi seluruh kebutuhan situs WordPress, mulai dari teknologi hingga arsitektur server yang digunakan.

 

Berikut adalah beberapa kelebihan dari WordPress Hosting:

  • Performa Situs Lebih Cepat: Karena hosting ini dioptimasi khusus untuk WordPress, performa situs Anda bisa lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan hosting reguler.
  • Proses Instalasi dan Penggunaan Mudah: WordPress Hosting biasanya dilengkapi dengan fitur one-click install yang memudahkan proses instalasi WordPress.
  • Keamanan Lebih Terjamin: Beberapa penyedia WordPress Hosting biasanya menyediakan fitur keamanan tambahan yang disesuaikan dengan karakteristik WordPress.
  • Dukungan Teknis Spesialis WordPress: Penyedia layanan biasanya memiliki tim dukungan teknis yang memahami WordPress dengan baik, sehingga dapat memberikan solusi yang lebih tepat jika Anda mengalami masalah.

Namun, perlu diingat bahwa kualitas WordPress Hosting sangat bergantung pada penyedia layanan hosting yang Anda pilih. Oleh karena itu, penting untuk memilih penyedia layanan yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

 

Fungsi WordPress

WordPress adalah platform pembuat website yang banyak digunakan di seluruh dunia. Berikut ini beberapa fungsi utama WordPress:

 

  • Membuat Blog Pribadi: WordPress sangat mudah digunakan untuk membuat blog pribadi.
  • Portofolio: WordPress bisa digunakan untuk membuat website portofolio.
  • Toko Online: WordPress juga bisa digunakan untuk membuat website toko online.
  • Website Bisnis: WordPress bisa digunakan untuk membuat website bisnis.
  • Selain itu, WordPress juga memiliki fitur-fitur seperti Post, Pages, Media, Comment, Appearance, Plugins, Tools, Users, dan Setting. WordPress adalah platform yang cocok bagi pemula atau profesional untuk membuat website dengan mudah hanya dalam hitungan menit saja.

 

Beberapa kelebihan WordPress antara lain
Hemat Biaya: WordPress dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Anda hanya memerlukan layanan website hosting dan domain untuk mengoperasikannya. Meski demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan keduanya. Di beberapa penyedia layanan, harga hosting dan domain bisa sangat terjangkau.

Instalasinya Mudah: WordPress dikenal dengan proses instalasi yang mudah dan cepat. Bahkan bagi pemula sekalipun, proses instalasi WordPress bisa dilakukan dalam beberapa menit saja.

Updatenya Praktis: WordPress secara berkala merilis update untuk meningkatkan fitur dan keamanan. Proses update ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat langsung dari dashboard WordPress.

Kaya Akan Fitur Tambahan dari Plugin: WordPress memiliki lebih dari 50.000 plugin gratis di repository-nya. Plugin ini memungkinkan Anda menambahkan berbagai fitur tambahan di website Anda, seperti membuat website ecommerce dengan WooCommerce.
Tampilan Mudah Diganti dan Diatur: WordPress menyediakan ribuan tema atau template website yang bisa Anda pilih. Hampir seluruh tema WordPress mudah dikustomisasi tanpa coding.

Ramah Optimasi Mesin Pencarian: WordPress dirancang dengan struktur yang ramah SEO. Hal ini memudahkan website Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian mesin pencari.

Ramah Perangkat Mobile: Kebanyakan tema WordPress dirancang untuk responsive dan mobile-friendly. Artinya, tampilan website Anda akan tetap baik dan mudah digunakan di perangkat mobile.

Bisa Dihubungkan dengan Berbagai Layanan Pihak Ketiga: WordPress bisa diintegrasikan dengan berbagai layanan pihak ketiga, seperti Google Analytics, MailChimp, dan lainnya. Hal ini memudahkan Anda untuk menambahkan fitur-fitur tambahan di website Anda.

Bantuan Mudah Didapatkan: WordPress memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif. Jika Anda mengalami masalah atau butuh bantuan, Anda bisa mencari solusinya di forum atau grup diskusi WordPress.

 

Namun, WordPress juga memiliki beberapa kekurangan, seperti perlu instalasi manual, masih menjadi sasaran hacker, harus jeli memilih plugin dan tema berkualitas, dan kecepatan berkurang seiring penggunaan.

WordPress juga bisa Anda gunakan secara gratis karena bersifat open-source. Namun, sebelum menggunakannya untuk membangun website, Anda perlu memilih dulu antara WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com adalah layanan untuk membuat website dengan platform WordPress yang sudah memberikan Anda hosting dan domain, baik versi gratis dan berbayar. Sedangkan WordPress.org ditujukan bagi pengguna yang ingin membuat website tapi sudah berlangganan hosting dan domain sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *