League of Legends: Wild Rift (atau dikenal sebagai LoL: WR) menawarkan pengalaman seru dalam dunia gim arena pertarungan daring multipemain. Dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games, permainan ini dirancang untuk platform Android dan iOS. Merupakan versi ringkas dari saudara PC-nya, League of Legends.

Seperti pendahulunya, pemain dalam permainan ini mengambil peran sebagai “summoner” yang tak terlihat, memimpin “jawara” dengan keahlian unik mereka untuk bertarung melawan tim lawan atau jawara-jawara yang dikendalikan oleh komputer. Sasarannya sederhana: menghancurkan “Nexus” lawan, struktur kunci yang terdapat di pangkalan yang dilindungi oleh pertahanan yang kuat. Meski demikian, Wild Rift juga menawarkan berbagai mode permainan lain, seperti All Random All Mid (ARAM) dan Co-op vs AI dengan tingkat kesulitan yang berbeda, mulai dari intro hingga menengah.

Setiap pertandingan dalam League of Legends: Wild Rift bersifat diskrit. Jawara-jawara awalnya memiliki kekuatan yang relatif lemah namun dapat meningkatkan kekuatan mereka seiring berjalannya permainan dengan mengumpulkan item dan poin pengalaman.

Keindahan permainan ini tidak hanya terletak pada gameplay yang mengasyikkan, tetapi juga pada penggabungan elemen-elemen cerita dan karakter. Para jawara dan latar belakang ceritanya menyatukan berbagai genre, termasuk fantasi, steampunk, dan horor ala Lovecraftian.

League of Legends: Wild Rift telah berhasil menciptakan kegembiraan baru bagi para penggemar gim ini, menawarkan pengalaman yang mendalam dan seru dalam genggaman pemain di platform mobile. Dengan kombinasi yang mengagumkan antara gameplay yang adiktif dan cerita yang menarik, Wild Rift menjadi pilihan utama bagi para pemain yang mencari tantangan dan keseruan dalam gim pertarungan daring.

 

Perjalanan League of Legends, Mobile Legends, dan Perang Hak Cipta

Dalam industri game, evolusi permainan dari platform PC ke perangkat seluler telah menjadi perubahan signifikan. Pada tahun 2015, Tencent, melalui pemiliknya Riot Games, merencanakan untuk mengadaptasi League of Legends ke dalam perangkat ponsel. Namun, upaya ini menemui jalan buntu karena Riot Games menyatakan bahwa esensi permainan tidak dapat dihadirkan dengan sempurna dalam format telepon pintar. Namun, ini tidak menghentikan Tencent; mereka memulai pengembangan gim mobile sendiri, yang kemudian dikenal sebagai Wangzhe Rongyao atau Honor of Kings, yang mendapat julukan King of Glory di pasar internasional, dengan varian bernama Arena of Valor.

Pada tahun 2017, Riot Games melakukan langkah hukum dengan mengajukan gugatan terhadap Moonton, pengembang Mobile Legends: Bang Bang. Gugatan ini mengklaim adanya pelanggaran hak cipta, menyoroti kesamaan antara Mobile Legends dengan League of Legends. Awalnya, kasus ini dihentikan di Pengadilan Distrik Pusat California, AS, karena ketentuan non-konferensi. Namun, Tencent, sebagai induk perusahaan Riot, melalui Riot Games, mengambil langkah hukum lebih lanjut dengan mengajukan gugatan terpisah langsung menargetkan CEO Moonton, Watson Xu Zhenhua, di Pengadilan Rakyat Menengah Shanghai No.1.

Hasilnya, pada Juli 2018, Pengadilan Rakyat Menengah Shanghai No.1 memutuskan mendukung Tencent, memberikan penyelesaian sejumlah $2,9 juta (RMB19,4 juta) kepada Tencent sebagai ganti rugi.

Sejak tahun 2016, kehadiran Tencent dalam ranah permainan mobile semakin mengukuhkan posisinya dengan lebih dari 50 juta pengguna aktif harian dan lebih dari 200 juta pengguna terdaftar di Honor of Kings dan Arena of Valor. Pada tahun 2019, kedua permainan tersebut menjadi ikon utama dalam esports di dunia mobile. Kesuksesan ini menandai potensi besar pasar seluler.

Mengamati potensi ini, pada 16 Oktober 2019, tepat saat perayaan sepuluh tahun League of Legends, Riot Games mengumumkan League of Legends: Wild Rift, sebuah langkah strategis untuk merambah pasar permainan mobile.

Perkembangan ini menegaskan bagaimana industri game terus bertransformasi, tidak hanya dalam adaptasi teknologi tetapi juga dalam persaingan dan perlindungan hak cipta. Transformasi ini menjadi sorotan utama bagi pemain dan penikmat gim di seluruh dunia, menjanjikan era baru dalam dunia esports, khususnya di ranah mobile.

 

Mengenal League of Legends: Wild Rift

League of Legends: Wild Rift mempersembahkan pengalaman permainan yang menggembirakan, mengajak pemainnya terlibat dalam pertarungan multipemain daring yang mendebarkan. Dalam MOBA ini, kelima pemain dalam dua tim beradu strategi dan keterampilan untuk mencapai kemenangan dengan menghancurkan Nexus, struktur terpenting di pangkalan musuh, sambil melewati rintangan dalam bentuk menara pertahanan.

 

Alur Permainan

Permainan ini berlangsung sekitar 15 hingga 20 menit. Dalam setiap mode permainan, kolaborasi tim menjadi kunci untuk menggapai kemenangan. Strategi umumnya berfokus pada penghancuran bangunan inti atau Nexus di pangkalan tim lawan setelah berhasil menembus garis pertahanan turret.

 

Pertarungan Terstruktur

Dua tim, masing-masing terdiri dari lima pemain, bertarung untuk menghancurkan Nexus musuh yang dijaga oleh sejumlah struktur pertahanan, seperti turret. Nexus ini terletak di pangkalan musuh di sudut peta yang berlawanan.

 

Jalur Pertempuran

Peta terbagi menjadi tiga jalur: atas, tengah, dan bawah. Setiap jalur dijaga oleh turret yang menghadang gelombang antek atau minion yang bergerak maju menuju pangkalan musuh. Pemain berlomba memajukan gelombang ini untuk menghancurkan struktur musuh dan mencapai kemenangan.

 

Strategi dan Objektif

Selain menjaga dan menghancurkan struktur, pemain harus memperhatikan objektif netral seperti monster hutan, Elemental Drakes, Rift Herald, dan Baron Nashor. Mereka memberikan bonus bagi tim yang berhasil mengambil alih atau mengalahkan objektif tersebut, namun juga merupakan titik fokus pertempuran antar tim.

 

Peran dan Tugas

Setiap pemain dalam tim memiliki peran atau “role” yang berbeda, dengan tugas, jenis karakter, dan jalur permainan yang spesifik.

Baron Laner: Bertanggung jawab atas jalur atas, berperan sebagai pejuang tangguh dalam menahan dan menyerang lawan.

Jungler: Berperan menjelajahi hutan dan membantu jalur lain, sering kali membantu dalam penyerangan terhadap objektif netral.

Midlaner: Menempati jalur tengah, bertugas sebagai penyokong penting dalam mengontrol pertempuran di peta.

Attack Damage Carry (ADC): Bertanggung jawab atas serangan jarak jauh dan memimpin serangan di jalur bawah bersama dengan Support.

Support: Memberikan bantuan dan perlindungan pada ADC, membantu dalam kelangsungan hidup serta serangan di jalur bawah.

 

Strategi dan Keahlian

Keberhasilan dalam Wild Rift tidak hanya ditentukan oleh keterampilan individual, tetapi juga kerja tim dan strategi yang tepat. Pengelolaan objektif, peran yang efektif, serta koordinasi antar pemain menjadi kunci penting untuk meraih kemenangan dalam pertarungan seru ini.

 

Istilah Penting yang Perlu Diketahui dalam Permainan Wild Rift

Dalam permainan Wild Rift, pemahaman terhadap istilah-istilah yang sering digunakan merupakan hal penting. Berikut adalah beberapa konsep utama yang perlu dipahami untuk menikmati permainan dengan lebih baik:

 

Champion dan Champion Select

Champion merupakan karakter yang dipilih dan digunakan oleh pemain dalam permainan. Fase pemilihan champion, yang disebut Champion Select, merupakan waktu di mana setiap pemain memilih champion sesuai strategi dan peran yang ingin mereka mainkan.

 

Summoner Spell

Merupakan dua mantra yang memberikan utilitas tambahan kepada champion Anda. Salah satunya adalah Smite, yang digunakan oleh Jungler untuk memberikan damage kepada monster hutan dan objektif lainnya seperti Dragon dan Baron.

 

Rune dan Bruisers/AD Carry

Rune adalah laman yang dipersonalisasi oleh setiap pemain untuk memilih statistik atau atribut yang ingin ditingkatkan pada champion yang digunakan. Sementara itu, Bruisers atau Fighter adalah champion jarak dekat yang menggabungkan kekuatan serangan dan pertahanan. AD Carry (ADC) adalah Marksman dengan tipe serangan jarak jauh.

 

Game Mechanics

Beberapa mekanisme penting dalam permainan meliputi Recall atau waktu mundur, yang merupakan waktu untuk memulihkan HP/MP dan membeli item di Fountain. Abilities adalah “spell” yang dimiliki oleh setiap champion, sedangkan Item memberikan statistik tambahan kepada champion yang menggunakannya.

 

Atribut Penting

Attribut seperti Ability Power (AP) digunakan untuk magical damage, sementara Attack Damage (AD) bersifat physical damage.

 

Objektif Utama dan Area Penting

Objektif utama dalam permainan meliputi Nexus, sebuah kristal di base masing-masing tim yang harus dipertahankan atau dihancurkan. Fountain adalah tempat di mana setiap champion respawn, sementara Turret adalah menara yang harus dilalui di setiap lane. Lane Assignment mengacu pada penempatan champion sesuai peran mereka, sementara Rotation adalah gerakan champion antar lane di peta.

 

Jungle dan Objektif Hutan

Jungle pathing merujuk pada jalur yang harus diambil untuk membersihkan kamp monster hutan, sementara Dragon dan Baron adalah monster hutan yang menjadi objektif penting dalam permainan.

 

Aspek Taktis

Fog of War adalah area di peta yang tidak dapat Anda lihat, sementara Trinket adalah item yang membuka penglihatan sementara di area tersebut. Vision Control adalah strategi tim dalam mengontrol penglihatan di sekitar map.

Memahami istilah-istilah ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman dalam bermain Wild Rift. Dengan penguasaan yang baik terhadap konsep-konsep ini, pemain dapat membangun strategi yang lebih efektif dan meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.

 

Keunggulan Wild Rift yang Membedakannya dari MOBA Lainnya

Dalam arena persaingan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), Wild Rift telah menetapkan standar baru dengan kelebihan yang membedakannya dari game sejenis lainnya. Berikut adalah beberapa aspek yang membuatnya unggul:

 

1. Grafis yang Superior

Salah satu poin penting yang menjadi sorotan adalah kualitas grafis yang luar biasa. Wild Rift tidak hanya mempersembahkan grafis yang lebih baik dari kompetitornya, tetapi juga menawarkan opsi hingga 60 fps, yang membuat pengalaman bermain menjadi halus tanpa lag, bahkan dalam pertarungan sengit.

 

2. Durasi Pertandingan yang Memuaskan

Dibandingkan dengan sejumlah permainan sejenis, Wild Rift menawarkan pertandingan yang berlangsung lebih lama, sekitar 15 hingga 20 menit. Durasi ini memberikan ruang bagi pemain untuk merasakan permainan dengan lebih mendalam, menambah peluang comeback yang lebih besar, dan memberikan kebanggaan yang luar biasa saat meraih kemenangan setelah pertarungan yang intens.

 

3. Keterkaitan dengan Karakter yang Dikenal

Salah satu daya tarik besar Wild Rift adalah karakter yang familiar bagi banyak pemain. Mayoritas champion yang ada di Wild Rift juga ditemukan dalam League of Legends, membantu pemain baru untuk lebih cepat beradaptasi. Bahkan, melalui serial Arcane di Netflix, karakter-karakter penting telah diperkenalkan kepada khalayak luas, menjembatani pemahaman terhadap tokoh-tokoh kunci sebelum memasuki permainan.

 

4. Antarmuka yang Terstruktur dengan Baik

Pentingnya antarmuka permainan sangat diakui dalam Wild Rift. Antarmuka yang terstruktur dengan rapi memungkinkan pemain untuk menavigasi dengan mudah di dalam permainan, memberikan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan.

 

5. Riwayat Sukses Riot Games

Pengalaman yang dimiliki oleh Riot Games sejak 2006 menciptakan pondasi kuat bagi Wild Rift. Dengan portofolio yang kaya, termasuk game-game sukses seperti Valorant, League of Legends, Legends of Runeterra, dan Teamfight Tactics, Riot Games telah membuktikan keahliannya dalam menghadapi persaingan ketat di dunia game.

Dengan fondasi pengalaman yang kuat, kualitas grafis yang superior, keterkaitan dengan karakter yang dikenal, dan antarmuka yang terstruktur dengan baik, Wild Rift telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pilihan utama di antara game MOBA lainnya. Kesuksesan Riot Games dalam menciptakan game-game berkualitas memberikan keyakinan bahwa Wild Rift memiliki potensi besar untuk terus berkembang ke depannya.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *