Tumblr, platform blogging yang dirintis sekitar 3 tahun setelah kehadiran Facebook pada Februari 2007, menjadi satu-satunya media yang memadukan keunikan dalam format pendek dan kemudahan berbagi konten. David Karp, pendiri Tumblr, sudah memiliki ketertarikan yang kuat terhadap dunia tumblelogs, bentuk singkat dari blog yang menjadi inspirasi utama dalam menciptakan platform ini.

Pada tahun 2006, Karp bersama Marco Arment mulai merintis proyek Tumblr. Kecepatan adaptasi pengguna terhadap platform ini sungguh mengagumkan; dalam waktu singkat, tepatnya 2 minggu, Tumblr berhasil menarik perhatian 75 ribu pengguna aktif. Tanggal bersejarah pada 27 Januari 2016 menjadi momentum di mana Tumblr berhasil mengakumulasi 376.3 juta blog dan menghadirkan lebih dari 128.3 miliar posting.

Setiap bulannya, angka kunjungan mencapai puncaknya dengan 555 juta pengunjung yang aktif membaca dan berinteraksi di Tumblr. Keberhasilan Tumblr tidak hanya tercermin dari jumlah pengguna dan konten yang terus berkembang, tetapi juga dari keunikan platformnya yang menggabungkan visual, teks, dan berbagai media dengan mudahnya.

Kesuksesan Tumblr tidak lepas dari konsepnya yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten dalam berbagai bentuk dengan cara yang sederhana dan menarik. Fitur reblog menjadi ciri khas yang memungkinkan pengguna untuk menyebarkan konten dengan mudah, sehingga setiap posting memiliki potensi untuk menjadi viral.

Tidak hanya sebagai platform untuk mengekspresikan ide dan minat, Tumblr juga menjadi tempat bagi komunitas-komunitas yang memiliki minat serupa untuk terhubung dan berinteraksi. Hal ini menjadikan Tumblr bukan sekadar platform blogging, tetapi juga ruang sosial yang memupuk keberagaman dan kreativitas.

Kini, seiring berjalannya waktu, perjalanan Tumblr sebagai platform blogging terus berkembang, tetap menjadi salah satu dari sedikit tempat di internet yang memelihara keaslian dalam berekspresi tanpa batas. Dalam dunia yang terus berubah, Tumblr tetap menjadi cerminan kekayaan imajinasi dan kebebasan berekspresi.

Dari awal yang sederhana hingga kemegahan yang diraihnya saat ini, Tumblr bukan sekadar platform; ia adalah komunitas yang memelihara kreativitas, memupuk hubungan, dan merayakan keberagaman dalam segala bentuknya. Dengan sejarahnya yang kaya akan inovasi, Tumblr tetap menjadi salah satu bagian integral dalam ragam media sosial yang ada saat ini.

 

Menguak Lebih Dalam Fitur-Fitur Unggulan Tumblr

Tumblr telah menjadi tempat berinteraksi dan berbagi bagi banyak individu, menyediakan beragam fitur yang memperkaya pengalaman pengguna. Dalam ekosistemnya, terdapat sejumlah fitur kunci yang memungkinkan para pengguna untuk mengekspresikan diri dan terhubung dengan komunitas yang luas.

 

1. Blog

Blog menjadi tulang punggung Tumblr, memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang personal yang unik. Dengan kemampuan membuat dua jenis blog, pengguna memiliki fleksibilitas untuk berbagi konten sesuai preferensi mereka. Dari blog utama yang dibuat saat mendaftar hingga blog tambahan yang memungkinkan koleksi yang lebih khusus, Tumblr memberikan ruang kreatif yang luas.

 

2. Dashboard

Dashboard berperan sebagai pusat kontrol, memungkinkan pengguna untuk mengelola konten dan tampilan blog mereka. Melalui panel admin ini, akses ke berbagai fitur serta kemampuan untuk menyesuaikan deskripsi, konten, logo, dan desain blog menjadi lebih mudah.

 

3. Post

Tumblr memperbolehkan publikasi berbagai jenis konten dengan cara yang intuitif. Mulai dari teks hingga gambar, pengguna dapat dengan mudah mengekspresikan ide dan kreativitas mereka. Dengan editor yang lengkap, konten tidak terbatas pada teks saja, melainkan juga audio, video, tautan, dan kutipan.

 

4. Explore

Fitur “Explore” menjadi salah satu keunggulan Tumblr. Mempermudah pengguna untuk menemukan konten yang sedang tren, Explore memilah konten berdasarkan jenis postingan. Pengguna dapat dengan leluasa mereblog, mengikuti, dan menyukai konten yang menarik bagi mereka.

 

5. Reblog

Reblog memungkinkan pengguna untuk membagikan ulang konten dari blog lain ke blog mereka sendiri. Dengan fitur ini, kolaborasi antar pengguna dalam berbagi konten menjadi lebih mudah dan fleksibel.

 

6. Follow dan Like

Fitur Follow dan Like memainkan peran penting dalam interaksi antar pengguna. Memberikan kesempatan untuk terhubung dan mendapatkan pembaruan konten dari pengguna yang diikuti, fitur ini memperkuat jaringan komunitas di Tumblr.

 

7. Pesan dan Chat

Menambah dimensi interaksi, fitur pesan dan chat melengkapi pengalaman pengguna di Tumblr. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat berkomunikasi secara langsung, memperdalam interaksi antara anggota komunitas.

Tumblr bukan sekadar platform blogging biasa. Dengan fitur-fitur canggihnya, ia tidak hanya memberikan ruang untuk berkreativitas tetapi juga membangun komunitas yang aktif dan berinteraksi. Dalam dunia yang terus berkembang, Tumblr terus menjadi tempat yang dinamis untuk mengekspresikan diri dan terhubung dengan sesama pengguna yang beragam.

 

Cara Membuat Akun Tumblr

Tumblr merupakan platform yang menawarkan beragam konten menarik yang bisa Anda eksplorasi dan bagikan dengan mudah. Untuk memulai perjalanan Anda di Tumblr, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

 

1. Akses Platform Tumblr

Untuk akses melalui peramban web

Buka situs resmi Tumblr melalui peramban web favorit Anda atau bisa dengan klik di sini.

Untuk pengguna perangkat seluler:

 

Unduh aplikasi Tumblr dari Google Play Store untuk perangkat Android atau dari App Store untuk iPhone. Untuk pengguna android silahkan download aplikasi tumblr

 

2. Registrasi Akun

Setelah mengakses platform, langkah pertama adalah mendaftar akun:

Isi kolom-kolom yang diperlukan: email, password, dan username pilihan Anda.

Pastikan alamat email yang dimasukkan aktif karena akan digunakan untuk verifikasi.

Klik “Sign Up” (di web) atau “Next” (di aplikasi seluler) untuk melanjutkan.

 

3. Isian Tambahan

Tahap selanjutnya adalah melengkapi informasi tambahan:

Masukkan usia Anda di kolom yang tersedia.

Centang kotak persetujuan terhadap ketentuan penggunaan dan peraturan komunitas Tumblr.

 

4. Penyelesaian Pemeriksaan Keamanan

Langkah berikutnya adalah menyelesaikan pemeriksaan keamanan untuk memastikan keamanan akun:

Pilih kotak “I’m not a robot” dan ikuti instruksi yang muncul.

Biasanya, pilih objek tertentu dalam gambar yang ditampilkan sebagai bagian dari verifikasi.

 

5. Pilihan Preferensi Konten

Selanjutnya, pilih preferensi konten yang ingin Anda eksplorasi:

Pilih minimal lima kategori konten yang diminati.

Klik “Next” untuk melanjutkan.

 

6. Verifikasi Alamat Email

Langkah terakhir adalah verifikasi alamat email yang telah didaftarkan:

Buka kotak masuk email yang Anda gunakan untuk mendaftar.

Temukan pesan dengan subjek “Verify your email address” dari Tumblr.

Ikuti instruksi untuk mengonfirmasi alamat email Anda dengan mengklik “This is me!”.

Lakukan verifikasi keamanan jika diminta dengan memilih “I’m not a robot”.

Klik “Verify Email” untuk menyelesaikan proses verifikasi.

Setelah tahap verifikasi selesai, Anda dapat langsung mulai menjelajahi dan berinteraksi dengan konten-konten menarik yang ditawarkan oleh Tumblr.

 

Panduan Lengkap Berinteraksi Efektif dengan Kiriman di Tumblr

Tumblr, sebagai platform yang kaya akan berbagai konten, menawarkan sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan kiriman secara efektif. Untuk memanfaatkan sepenuhnya potensi ini, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil.

 

1. Memahami Dasbor atau Halaman Utama

Ketika memulai, mengakses dasbor atau halaman utama adalah kunci. Langkah pertama adalah menekan tombol “Home” yang biasanya berbentuk rumah di atas halaman Tumblr atau di bagian bawah layar aplikasi seluler. Di sini, Anda dapat melihat semua konten dari blog Anda dan dari blog yang diikuti.

Anda juga dapat mencari kiriman yang menarik perhatian Anda. Telusuri dasbor hingga menemukan kiriman yang ingin Anda tanggapi, sukai, reblog, atau kirimkan pesan.

 

2. Menyukai Kiriman

Jika Anda menemukan konten yang Anda sukai, cukup klik atau sentuh ikon hati yang terletak di bagian bawah kiriman untuk menyukainya. Kiriman tersebut akan ditambahkan ke bagian “Likes” agar mudah ditemukan kembali di masa mendatang.

 

3. Membagikan Kembali atau Reblog

Untuk menyertakan kiriman ke blog pribadi Anda, sentuh ikon panah berbentuk kotak di bawah kiriman, di sebelah kiri tombol Like. Kemudian, klik Reblog untuk versi desktop atau Post.

Sebelum mengunggahnya kembali ke blog, Anda memiliki kesempatan untuk menambahkan komentar di kiriman tersebut. Klik kolom teks di bawah kiriman untuk menambahkan komentar sesuai keinginan.

 

4. Mengirim Kiriman Melalui Pesan Langsung

Anda dapat membagikan kiriman kepada pengguna lain melalui fitur pesan langsung. Klik ikon pesawat kertas di bagian bawah kiriman untuk melakukan hal ini. Untuk menambahkan nama pengguna penerima pesan, gunakan kolom teks di bagian atas jendela pesan dan klik kembali ikon pesawat kertas.

Seperti saat menyertakan komentar pada reblog, Anda juga dapat menambahkan komentar di pesan sebelum mengirimkannya. Cukup klik kolom teks di bawah kiriman dan masukkan komentar Anda.

 

5. Mengikuti Akun Pembuat Kiriman

Untuk tetap terhubung dengan akun pembuat kiriman yang menarik, klik foto profil pengguna tersebut dan pilih Follow untuk menambahkannya ke daftar mengikuti atau Following. Konten dari pengguna yang diikuti akan muncul di dasbor Anda.

Mengikuti pengguna tertentu juga dapat dilakukan dengan mencari nama pengguna melalui kolom teks di atas dasbor atau dengan mengklik ikon kaca pembesar untuk versi seluler. Masukkan nama pengguna dari menu drop-down dan klik Follow.

 

Cara Efektif Membuat Kiriman di Tumblr

Tumblr merupakan platform yang memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri dengan berbagai jenis kiriman. Dari teks hingga foto, video, dan bahkan GIF, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat dan mengunggah kiriman dengan mudah di Tumblr.

 

1. Memilih Jenis Kiriman

Tumblr menawarkan berbagai jenis kiriman:

Text: Kiriman berbasis teks.

Photo: Kiriman foto dengan kemungkinan adanya teks.

Quote: Kutipan lengkap dengan sumbernya.

Link: Kiriman dengan tautan tertentu.

Chat: Format percakapan.

Audio: Rekaman audio seperti podcast atau musik.

Video: Kiriman berbentuk video.

GIF: Animasi dinamis yang tersedia di aplikasi seluler.

 

2. Proses Pembuatan Kiriman

Berikut langkah-langkah membuat beberapa jenis kiriman:

Text: Masukkan judul dan teks.

Photo: Pilih foto, tambahkan keterangan.

Quote: Sertakan kutipan dan sumbernya.

Link: Beri judul, masukkan tautan dan keterangan.

Chat: Tulis percakapan dengan format yang tepat.

Audio: Beri nama klip audio, pilih berkas, tambahkan keterangan.

Video: Pilih video, tambahkan keterangan.

GIF: Ubah video menjadi GIF, tambahkan teks.

 

3. Mengunggah Konten

Setelah membuat kiriman, unggah dengan mengklik tombol “Post” pada bagian bawah atau sudut kanan atas. Kiriman akan muncul di dashboard pribadi dan followers Anda.

 

4. Menyimpan Draf

Simpan kiriman sebagai draf dengan:

 

Desktop: Klik “Save as Draft” di bagian samping Post.

Aplikasi Seluler: Sentuh ikon roda gigi, pilih “Save as Draft”.

 

5. Menjadwalkan Pengunggahan

Anda dapat menjadwalkan pengunggahan kiriman:

Desktop: Klik “Schedule”, atur waktu, dan jadwalkan.

Aplikasi Seluler: Pilih waktu pada opsi “Schedule”.

 

6. Meninjau dan Menghapus Kiriman

Kembali ke “Posts” untuk melihat, edit, atau hapus kiriman. Hapus dengan mengklik ikon roda gigi di bagian kiriman, lalu pilih “Delete”.

Dengan panduan ini, Anda dapat memanfaatkan Tumblr secara optimal untuk berbagi karya dan pemikiran Anda kepada dunia secara efektif. Semoga membantu!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *