Tencent telah menjadi pusat perhatian dalam ranah teknologi di Tiongkok. Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, Tencent memainkan peran penting dalam transformasi digital serta ekspansi ke industri permainan. Di Tiongkok, perusahaan ini menempati peringkat ketiga setelah Alibaba dan Baidu dalam hal kebesaran.

Pada awalnya, Tencent tidak fokus pada pengembangan permainan, melainkan lebih bergerak dalam bidang media sosial, menciptakan platform-platform seperti WeChat, Moments, Mobile QQ, dan QQ. Kehadiran platform sosial ini menjadi penting karena platform-platform global seperti Facebook dan Twitter tidak dapat diakses di Tiongkok.

Memanfaatkan momentum dari platform-platformnya, Tencent tumbuh menjadi raksasa media sosial di Tiongkok. Saat ini, Tencent memiliki 22,34% saham dari Riot Games, pengembang game MOBA terkenal, League of Legends. Pada tahun 2011, perusahaan ini meningkatkan kepemilikannya menjadi 92,78%, dan pada akhirnya, pada Desember 2015, Tencent memegang seluruh saham Riot Games setelah akuisisi.

Transformasi terbaru terlihat dari logo baru Tencent Games yang lebih minimalis dan modern, dengan palet warna yang lebih tenang. Logo ini menggabungkan huruf ‘T’ dengan simbol huruf ‘X’ dalam desainnya.

Langkah ini menandakan ambisi Tencent Games untuk tumbuh lebih besar dalam industri permainan. Baru-baru ini, kabar mengenai kerjasama antara Tencent Games dan Nintendo dalam pengembangan konsol permainan menjadi sorotan. Selain menjadi pemain utama dalam industri media sosial, Tencent juga terlibat dalam pengembangan permainan, termasuk judul-judul terkenal seperti Clash of Clans, Gears of War, League of Legends, dan Honor of Kings.

Namun, dengan kesuksesan juga muncul tanggung jawab. Ma Huateng, pendiri Tencent, menyadari dampak potensial kecanduan dari permainan yang diciptakannya. Oleh karena itu, ia memperkenalkan aturan bahwa hanya mereka yang berusia 18 tahun ke atas yang dapat mengakses permainan buatannya. Langkah ini menunjukkan keseriusan perusahaan dalam menghadapi isu-isu sensitif sekaligus menjaga dampak sosial dari produk-produknya.

Dengan keberhasilan yang telah dicapai, Tencent terus memperluas cakupan bisnisnya dan menghadirkan inovasi di berbagai sektor, membuktikan bahwa mereka bukan hanya sekadar perusahaan teknologi biasa, tetapi juga penggerak utama dalam industri permainan dan teknologi di Tiongkok.

 

Game-Game Populer Dari Tencent

Saat ini, Tencent telah berhasil meluncurkan beberapa game populer salah satunya sebagai berikut:

 

PUBG Mobile

PUBG Mobile adalah salah satu game battle royale yang sangat populer. Game ini dikembangkan oleh PUBG Corporation dan merupakan versi mobile dari PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) yang tersedia untuk perangkat seluler.

Dalam PUBG Mobile, pemain dilemparkan ke sebuah pulau besar bersama 99 pemain lainnya dan harus berkompetisi untuk menjadi yang terakhir bertahan hidup. Mereka harus mencari senjata, perlengkapan, dan bertahan hidup sambil terus memperkecil area tempat bermain yang aman.

PUBG Mobile memiliki beberapa mode permainan, termasuk mode klasik, mode arcade, dan mode lainnya yang menawarkan pengalaman bermain yang berbeda. Game ini juga sering menghadirkan pembaruan, termasuk penambahan peta, senjata, dan fitur baru.

 

Arena of Valor (AOV)

Arena of Valor (AOV) adalah game mobile berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dikembangkan oleh Tencent Games. Game ini mirip dengan game populer seperti League of Legends dan Dota 2, namun dirancang khusus untuk perangkat seluler.

Dalam AOV, pemain membentuk tim dengan pemain lain dan bertarung melawan tim lawan dalam pertempuran 5 lawan 5 di peta yang luas. Setiap pemain memilih karakter (hero) dengan keahlian dan kemampuan yang unik untuk berkontribusi dalam pertempuran. Tujuannya adalah untuk menghancurkan struktur musuh, seperti menara dan basis, sambil melindungi struktur tim sendiri.

Game ini menawarkan berbagai mode permainan, termasuk mode standar 5v5, mode 3v3, dan mode event khusus. Selain itu, AOV memiliki banyak hero yang bisa dipilih pemain dengan beragam peran seperti penyembuh, penyerang jarak jauh, tank, dan lainnya.

Tencent secara teratur memperbarui AOV dengan menambahkan hero baru, memperbaiki keseimbangan, dan menghadirkan konten-konten baru untuk menjaga keseruan permainan.

 

Call of Duty Mobile (CODM)

Call of Duty Mobile (CODM) adalah game first-person shooter (FPS) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan Timi Studios, bekerja sama dengan Activision. Game ini menggabungkan berbagai peta, mode permainan, dan karakter dari seri Call of Duty yang terkenal menjadi pengalaman FPS yang menarik di perangkat seluler.

CODM memiliki berbagai mode permainan, termasuk mode Multiplayer dengan berbagai peta dan mode seperti Team Deathmatch, Domination, Search and Destroy, serta Battle Royale yang mengadu 100 pemain untuk menjadi yang terakhir bertahan. Pemain dapat meng-customize loadout, menggunakan berbagai senjata ikonik dari seri Call of Duty, dan memilih spesialis (specialists) dengan kemampuan unik.

Game ini sering mendapatkan pembaruan dengan penambahan konten baru seperti peta, senjata, mode permainan, dan acara-acara khusus. CODM juga memiliki komunitas yang aktif dengan turnamen, event, dan hadiah-hadiah yang menarik bagi pemainnya.

 

League of Legends (LoL)

League of Legends (LoL) adalah game multiplayer online battle arena (MOBA) yang sangat populer, dikembangkan dan dipublikasikan oleh Riot Games. Game ini mempertemukan dua tim berisi lima pemain yang bertarung untuk menghancurkan basis lawan sambil melindungi basis mereka sendiri.

Setiap pemain memilih karakter yang disebut “champion” yang memiliki kemampuan unik dan berperan dalam tim dengan spesialisasi tertentu, seperti penyerang, penyembuh, tank, atau penyihir. Pemain bekerja sama untuk merencanakan strategi, melindungi wilayah mereka, menyerang lawan, dan mengatur serangan terhadap struktur lawan.

Selama pertandingan, pemain memperoleh poin pengalaman dan gold yang digunakan untuk memperkuat champion mereka dengan membeli item-item di dalam game. LoL juga memiliki banyak peta dan mode permainan, namun Summoner’s Rift adalah yang paling populer dan digunakan dalam kompetisi resmi.

Riot Games secara berkala melakukan perubahan dalam game untuk menjaga keseimbangan dan kesenangan para pemain. Mereka juga mengadakan turnamen besar, seperti Kejuaraan Dunia League of Legends (Worlds), yang menarik perhatian jutaan pemirsa di seluruh dunia.

 

Chess Rush

Chess Rush adalah game auto-battler strategi yang dikembangkan oleh Tencent Games. Game ini menawarkan pengalaman bermain yang mirip dengan genre auto chess, di mana pemain membangun komposisi tim dari berbagai hero (atau unit) yang memiliki kemampuan khusus.

Pemain akan menempatkan unit-unit tersebut di papan permainan dan melawan pemain lain dalam pertempuran otomatis di setiap putaran. Mereka dapat meng-upgrade unit, menggabungkan unit yang sama untuk meningkatkan level, dan mengatur formasi tim untuk mengoptimalkan strategi dan kemampuan dari kombinasi unit yang dipilih.

Chess Rush memiliki berbagai mode permainan, termasuk mode klasik, mode kooperatif, dan mode Turbo, serta berbagai event dan turnamen dalam game. Tencent Games juga secara teratur memberikan pembaruan dengan menambahkan hero baru, fitur baru, dan penyesuaian keseimbangan untuk menjaga keseruan permainan.

 

Cross Fire

“CrossFire” adalah game first-person shooter (FPS) yang dikembangkan oleh Smilegate Entertainment. Game ini sangat populer di beberapa pasar, terutama di Asia, dan menawarkan pengalaman permainan yang mirip dengan game FPS lainnya seperti Counter-Strike.

Dalam CrossFire, pemain bergabung dalam tim merah atau biru untuk bertempur dalam berbagai mode permainan seperti Team Deathmatch, Search and Destroy, dan mode lainnya. Mereka memilih senjata, strategi, dan berkomunikasi dengan tim untuk meraih kemenangan dengan mengeliminasi lawan atau menyelesaikan tujuan misi tertentu.

Game ini memiliki beragam peta dengan desain yang berbeda, memungkinkan pemain untuk menggunakan berbagai taktik dalam pertempuran. CrossFire juga menawarkan berbagai senjata dan peralatan yang dapat di-customize untuk memenuhi gaya permainan pemain.

CrossFire secara teratur mengadakan pembaruan dengan menambahkan konten baru seperti peta, senjata, dan mode permainan. Game ini telah menjadi salah satu game FPS online yang populer selama bertahun-tahun, terutama di beberapa pasar di Asia.

 

Path of Exile

“Path of Exile” adalah game action RPG yang dikembangkan oleh Grinding Gear Games. Game ini sering dibandingkan dengan seri Diablo karena memiliki banyak kesamaan dalam mekanisme permainan dan tema dark fantasy yang gelap.

Dalam Path of Exile, pemain menjelajahi dunia Wraeclast yang penuh bahaya dan misteri. Mereka mengendalikan karakter yang memiliki berbagai kelas dan keahlian yang berbeda, dan melalui berbagai area yang terhubung, mereka melawan berbagai musuh, mengumpulkan item, dan mengembangkan kekuatan karakter mereka.

Salah satu fitur utama dari Path of Exile adalah sistem skill gem yang memungkinkan pemain untuk memasukkan keterampilan (skills) ke dalam gear mereka, mengubah karakteristik dasar mereka. Ada juga sistem pasif skill tree yang sangat kompleks, yang memungkinkan pemain untuk menyesuaikan karakter mereka dengan berbagai cara.

Path of Exile memiliki banyak konten end-game yang menantang, seperti map sistem, labirin, boss-boss kuat, dan liga-liga (leagues) yang menawarkan perubahan aturan dan tantangan baru dalam permainan. Selain itu, game ini juga menerima pembaruan reguler dengan penambahan konten, perbaikan, dan penyesuaian keseimbangan.

 

Smite

“Smite” adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang unik karena menggunakan perspektif orang ketiga (third-person perspective) yang dikembangkan oleh Hi-Rez Studios. Berbeda dengan kebanyakan game MOBA lainnya yang menggunakan tampilan atas (top-down view), Smite memberikan pengalaman yang lebih langsung dengan pemain mengendalikan dewa-dewa dari berbagai mitologi dunia.

Dalam Smite, pemain memilih karakter-karakter dewa dari berbagai mitologi seperti Yunani, Mesir, Norse, dan lainnya. Setiap dewa memiliki kemampuan unik dan gaya bermain yang berbeda-beda. Pemain kemudian bertarung dalam tim melawan tim lawan, menggunakan keterampilan mereka dan berkolaborasi untuk menguasai peta dan mengalahkan dewa-dewa lawan.

Ada beberapa mode permainan di Smite, termasuk mode Conquest (mirip dengan mode 5v5 dalam MOBA tradisional), Arena (pertempuran di arena), Assault (mode dengan pemilihan dewa acak), dan banyak lagi. Game ini juga memiliki sistem item yang dapat disesuaikan untuk meningkatkan kekuatan karakter selama pertandingan.

Smite sering menerima pembaruan dengan penambahan dewa-dewa baru, skin, penyesuaian keseimbangan, dan konten baru lainnya. Terdapat pula turnamen dan kompetisi di dalam game yang memungkinkan pemain untuk bersaing secara kompetitif.

 

Clash of Clans (COC)

“Clash of Clans” (COC) adalah game mobile strategi real-time yang dikembangkan oleh Supercell. Dalam permainan ini, pemain membangun dan mengelola desa mereka sendiri, membangun pertahanan, merekrut pasukan, dan mengikuti pertempuran melawan pemain lain dalam mode PvP (player-versus-player) atau menghadapi AI dalam mode kampanye.

Tujuan utama dari Clash of Clans adalah untuk membangun desa yang kuat, melindungi sumber daya, seperti gold, elixir, dan dark elixir, serta mengumpulkan Trophy dengan menang dalam pertempuran. Pemain dapat menggunakan sumber daya ini untuk meningkatkan pertahanan desa mereka, melatih pasukan yang berbeda, dan melakukan upgrade bangunan untuk meningkatkan kekuatan desa mereka.

Selain pertempuran, COC juga menawarkan aspek sosial yang kuat, di mana pemain dapat bergabung dalam klan (clan) untuk berkolaborasi dengan pemain lain, saling membantu, dan berpartisipasi dalam perang klan untuk mendapatkan hadiah.

Supercell secara teratur memberikan pembaruan untuk Clash of Clans, termasuk penambahan konten baru, perubahan keseimbangan, dan fitur-fitur tambahan untuk menjaga kesegaran dan keaslian permainan.

 

Moonlight Blade

“Moonlight Blade” adalah game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang dikembangkan oleh Tencent Games. Game ini terkenal karena grafisnya yang indah dan dunia yang luas dengan lingkungan yang menakjubkan.

Moonlight Blade menghadirkan alur cerita yang kaya dengan elemen-elemen dari cerita Tiongkok klasik. Pemain dapat memilih dari berbagai jenis senjata dan gaya pertarungan yang berbeda, seperti pedang, pedang ganda, atau seni bela diri Tiongkok, yang semuanya memiliki gerakan dan keahlian khusus.

Game ini menawarkan berbagai fitur seperti petualangan, pertempuran PvP, serta misi dan pencarian dalam dunia yang terbuka. Sistem navigasi seperti penerbangan dan kecepatan luar biasa dari karakter juga menjadi salah satu fitur yang menarik dalam Moonlight Blade.

Sebagai MMORPG, Moonlight Blade memiliki berbagai kelas karakter, skill tree yang luas, crafting, dan sistem ekonomi dalam game yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dalam dunia yang dinamis.

 

Ring of Elysium

“Ring of Elysium” adalah game battle royale yang dikembangkan oleh Tencent Games. Game ini menawarkan pengalaman serupa dengan genre battle royale lainnya, di mana pemain ditempatkan dalam lingkungan terpencil dan harus bertarung untuk menjadi yang terakhir bertahan hidup.

Dalam Ring of Elysium, pemain melompat dari pesawat dan harus mengumpulkan senjata, peralatan, dan sumber daya yang diperlukan untuk bertahan hidup sambil berusaha untuk menghindari zona berbahaya yang terus menyusut. Ada beberapa karakter (disebut sebagai “operator”) yang memiliki keahlian dan kemampuan khusus yang dapat membantu pemain dalam permainan.

Salah satu fitur menarik dari Ring of Elysium adalah elemen cuaca yang dinamis dalam pertempuran, seperti perubahan cuaca dan bencana alam yang bisa mempengaruhi strategi dan permainan pemain.

Tencent Games secara teratur memberikan pembaruan untuk Ring of Elysium dengan menambahkan konten baru, mode permainan, dan peningkatan kualitas dalam permainan.

 

King of Glory

“King of Glory,” dikenal juga sebagai “Honor of Kings” di luar China, adalah game mobile MOBA yang sangat populer yang dikembangkan oleh Tencent Games. Game ini sering disebut sebagai “Arena of Valor” di pasar internasional.

Dalam King of Glory, pemain memilih karakter-karakter dari berbagai mitologi dan cerita legenda untuk bertarung dalam pertempuran 5v5 di peta yang luas. Setiap karakter memiliki kemampuan unik dan peran tertentu dalam pertandingan, seperti penyerang, penyembuh, tank, atau penyihir.

Tujuan utama dalam permainan ini adalah untuk menghancurkan struktur utama musuh, seperti “Nexus” atau “Core,” sambil melindungi struktur tim sendiri. Pemain juga harus berkolaborasi dengan tim, berkoordinasi, dan merencanakan strategi untuk mengalahkan lawan.

King of Glory memiliki berbagai mode permainan, termasuk mode klasik 5v5, mode 3v3, mode 1v1, dan mode-event khusus. Tencent Games secara teratur memperbarui game ini dengan menambahkan hero baru, event, skin, serta melakukan penyesuaian keseimbangan dan perbaikan lainnya.

 

Dungeon Fighter Online

“Dungeon Fighter Online” (DFO) adalah game side-scrolling action MMORPG yang dikembangkan oleh Neople. Game ini menawarkan campuran antara gaya permainan side-scrolling klasik dengan elemen MMORPG yang mendalam.

Dalam DFO, pemain memilih karakter dari berbagai kelas yang memiliki gaya bertarung dan keterampilan unik. Mereka menjelajahi berbagai dungeon, melawan berbagai musuh, dan mengumpulkan loot serta item-item yang berguna untuk karakter mereka.

Game ini menawarkan pertarungan yang cepat, dengan perpaduan sistem kontrol yang sederhana namun juga memberikan kedalaman dalam pemilihan keterampilan, combo, dan strategi dalam bertarung. Selain itu, DFO memiliki fitur sosial yang kuat, termasuk mode co-op di mana pemain dapat berkelompok untuk menaklukkan dungeon bersama-sama.

Neople secara teratur memberikan pembaruan pada DFO dengan menambahkan konten baru, kelas karakter, sistem penyesuaian kustomisasi, dan event-event dalam game untuk menjaga keseruan dan keberagaman dalam permainan.

 

Pokemon Unite

Pokemon Unite” adalah game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dikembangkan oleh TiMi Studios, anak perusahaan dari Tencent Games, bekerja sama dengan The Pokemon Company. Game ini menggabungkan elemen-elemen dari permainan MOBA dengan karakter-karakter ikonik dari dunia Pokemon.

Dalam Pokemon Unite, pemain membentuk tim dengan lima pemain lainnya dan bertarung di arena untuk meraih kemenangan dengan mengumpulkan poin. Mereka mengendalikan Pokemon dengan berbagai kemampuan unik dan jenis peran yang berbeda, seperti Attacker, Defender, Speedster, Supporter, dan All-Rounder.

Setiap pertempuran di Pokemon Unite berlangsung dalam arena yang terbagi menjadi bagian-bagian yang perlu dikuasai dengan mengumpulkan energi dan menggunakannya untuk mencetak gol di ring lawan. Selama pertandingan, Pokemon dapat berevolusi dan meningkatkan kemampuan mereka.

Game ini juga menawarkan elemen strategi yang melibatkan kerja sama tim, penggunaan keterampilan Pokemon dengan tepat, serta pengambilan keputusan yang cerdas dalam penggunaan item dan rotasi antar area pertempuran.

Pokemon Unite secara teratur mengadakan pembaruan dengan penambahan Pokemon baru, penyesuaian keseimbangan, serta hadirnya event-event khusus dan kosmetik dalam game.

Berkat ketenaran banyak game yang diciptakan oleh Tencent seperti yang di atas, Tencent saat ini terus berinovasi dalam menciptakan game game menarik lainnya guna memanjakan para gamers!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *