Telegram didirikan oleh Pavel Durov, seorang pengusaha dan programmer asal Rusia, bersama dengan saudaranya Nikolai Durov. Sebelum mendirikan Telegram, Pavel Durov juga terlibat dalam pengembangan jaringan sosial terkenal di Rusia yang disebut VKontakte (VK).

Pada tahun 2013, Pavel Durov dan timnya meluncurkan Telegram Messenger LLP, perusahaan yang mengembangkan aplikasi Telegram. Telegram resmi diluncurkan pada bulan Agustus 2013. Pengembangan Telegram dimulai setelah Pavel Durov dan timnya mengalami konflik dengan pemerintah Rusia terkait kebijakan privasi di VKontakte. Durov menolak memberikan data pengguna VKontakte kepada pihak keamanan Rusia, yang menyebabkan konflik dan akhirnya membuatnya keluar dari perusahaan tersebut. Setelah kejadian tersebut, dia memutuskan untuk fokus sepenuhnya pada pengembangan Telegram.

Telegram dirancang dengan fokus pada keamanan dan privasi pengguna. Fitur enkripsi end-to-end dan kemampuan untuk mengatur obrolan rahasia (secret chats) yang menghapus pesan secara otomatis setelah waktu tertentu adalah beberapa inovasi yang membuat Telegram menonjol di pasar aplikasi pesan instan.

Sejak diluncurkan, Telegram telah terus berkembang dan menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang di berbagai negara. Aplikasi ini terus memperbarui fitur-fiturnya dan menjadi pilihan bagi banyak orang yang mengutamakan privasi dan keamanan dalam berkomunikasi online.

 

Fitur Keunggulan yang dimiliki Telegram

Telegram memiliki sejumlah fitur dan kelebihan yang membuatnya menonjol di antara aplikasi pesan instan lainnya:

Enkripsi End-to-End Opsional: Telegram memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan enkripsi end-to-end melalui obrolan rahasia (secret chats). Pesan dalam obrolan rahasia hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima, serta memiliki opsi untuk mengatur pesan agar menghilang setelah waktu tertentu.

Keamanan: Telegram memiliki berbagai lapisan keamanan, termasuk enkripsi data, kontrol akses, dan fitur identifikasi dua faktor.

Kapabilitas Pengiriman Berkas: Telegram memungkinkan pengguna mengirim berkas berukuran besar, termasuk video, dokumen, dan file audio, hingga ukuran 2 GB.

Kecepatan Pengiriman Pesan: Telegram dikenal karena kecepatan pengirimannya yang cepat. Pesan dapat dikirim dengan cepat bahkan dalam kondisi jaringan yang lambat.

Obrolan Bersifat Terbuka: Telegram memungkinkan pengguna membuat grup dengan anggota hingga ribuan orang. Ada juga fitur obrolan terbuka (public channels) yang memungkinkan pembuatnya mengirim pesan kepada audiens yang sangat besar.

Bot dan API Terbuka: Telegram memiliki API terbuka yang memungkinkan pengembang membuat bot dan layanan berbasis Telegram. Ini memungkinkan penggunaan Telegram dalam berbagai aplikasi dan layanan.

Pembaruan Pesan Tersinkronisasi: Jika Anda menggunakan Telegram di beberapa perangkat, pesan dan data sinkronisasi secara otomatis antara perangkat tersebut, memungkinkan pengalaman pengguna yang mulus.

Self-Destructing Messages: Pengguna dapat mengatur pesan untuk menghancurkan sendiri (self-destruct) setelah waktu tertentu yang telah ditentukan.

Gratis dan Tanpa Iklan: Telegram gratis untuk digunakan dan tidak menampilkan iklan. Pendanaannya didukung oleh pendiri Telegram, Pavel Durov.

Platform Khusus: Telegram tersedia untuk berbagai platform, termasuk Android, iOS, Windows, macOS, dan juga memiliki versi web.

Dukungan untuk Stiker dan GIF: Pengguna dapat mengirim stiker dan GIF animasi dalam obrolan mereka, menambahkan elemen kreativitas dalam berkomunikasi.

Fitur Penyimpanan Awan: Telegram menyediakan penyimpanan awan gratis untuk menyimpan file-file yang dibagikan pengguna.

Fitur-fitur ini menjadikan Telegram populer di kalangan pengguna yang menghargai privasi, kecepatan, dan kemampuan berbagi berkas yang besar dalam aplikasi pesan instan.

 

Cara Daftar Akun Telegram

Untuk membuat akun Telegram, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Unduh Aplikasi Telegram

Pertama, unduh aplikasi Telegram dari toko aplikasi ponsel pintar Anda. Telegram tersedia untuk Android, iOS (iPhone dan iPad), dan Windows Phone. Cari “Telegram” di toko aplikasi ponsel pintar Anda dan instal aplikasinya.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Verifikasi Nomor Telepon

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Telegram, buka aplikasinya. Ketika Anda membuka aplikasi, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon Anda. Jika anda belum mendownload atau memiliki aplikasi telegram bisa download di sini

Pilih Negara: Pilih negara tempat Anda berada dari daftar negara yang tersedia.

Masukkan Nomor Telepon: Masukkan nomor telepon seluler Anda.

Verifikasi Nomor Telepon: Anda akan menerima kode verifikasi enam digit melalui SMS atau panggilan telepon. Masukkan kode ini pada aplikasi Telegram untuk memverifikasi nomor telepon Anda.

Langkah 3: Pilih Nama Pengguna dan Foto Profil (Opsional)

Setelah memverifikasi nomor telepon, Anda dapat memilih nama pengguna (username) dan mengunggah foto profil jika diinginkan. Nama pengguna adalah nama unik yang akan digunakan orang untuk mencari dan menghubungi Anda di Telegram.

Langkah 4: Selesai!

Setelah langkah-langkah di atas diselesaikan, Anda telah berhasil membuat akun Telegram. Sekarang Anda dapat mulai mengirim pesan, membuat obrolan grup, mengirim berkas, dan menikmati berbagai fitur lain yang ditawarkan oleh Telegram. Pastikan Anda memahami dan mengikuti kebijakan privasi dan ketentuan penggunaan Telegram saat menggunakan layanannya.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *