Snapchat adalah aplikasi pesan foto yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat mereka masih kuliah di Universitas Stanford. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna. Snapchat dirilis pada September 2011 dan hingga kini sudah memiliki ratusan juta pengguna aktif setiap hari.

 

Fungsi Snapchat

Snapchat berasal dari kata snap “tangkapan” dan chat “obrolan” yang kalau digabungkan menjadi berarti obrolan yang isinya tangkapan foto atau video. Selain itu, pengguna juga masih bisa mengirimkan pesan teks seperti biasa, berbagi stiker, dan melakukan panggilan ke orang lain. Salah satu yang membedakan Snapchat dengan sosial media biasa, adalah semua media yang dikirimkan akan terhapus secara otomatis dari sistem.

 

Kategori Snapchat

Snapchat termasuk dalam kategori aplikasi media sosial. Pengguna Snapchat bisa membagikan video dan foto lalu pengguna lainnya bisa membalas kiriman tersebut dengan format yang sama, yakni foto dan video.

 

Snapchat sebagai Media Sosial

Ya, Snapchat adalah salah satu platform media sosial. Di Snapchat, pengguna dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka melalui berbagai cara, seperti mengirimkan foto dan video, berbagi stiker, dan melakukan panggilan. Selain itu, Snapchat juga memiliki fitur Stories, di mana pengguna dapat membagikan momen dalam hari mereka yang dapat dilihat oleh teman-teman mereka selama 24 jam.

Dengan berbagai fitur dan fungsi yang ditawarkan, Snapchat telah menjadi salah satu platform media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

 

Bagaimana cara menggunakan Snapchat?

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Snapchat:

 

Unduh Aplikasi Snapchat: Unduh aplikasi Snapchat dari toko aplikasi perangkat Anda.

Mendaftar Akun di Aplikasi Snapchat: Buka aplikasi dan ketuk “Mendaftar.” Masukkan nama Anda, tanggal lahir, dan buat nama pengguna. Atur kata sandi yang aman. Verifikasi nomor telepon atau alamat email Anda.

Menambah Teman: Setelah membuat akun, Anda bisa menambahkan teman dengan mencari mereka melalui nama pengguna atau kode snap.

Membuat Snap Foto atau Video: Untuk membuat snap, tekan tombol lingkaran di bagian tengah layar. Anda bisa menambahkan teks, stiker, atau filter ke snap Anda.

Mengirimkan Snap: Setelah selesai membuat snap, Anda bisa mengirimkannya ke teman atau mempostingnya ke cerita Anda.

Melihat Snap yang Dikirim Teman: Anda bisa melihat snap yang dikirim teman Anda dengan menggeser layar ke kiri.

Membuat Stories: Anda juga bisa membuat cerita yang bisa dilihat oleh semua teman Anda selama 24 jam.

Harap dicatat bahwa Snapchat hanya dapat digunakan untuk pengguna berusia 13 tahun ke atas. Selamat mencoba!

 

Bagaimana cara menghapus snap yang sudah dikirim?

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus Snap yang sudah dikirim di Snapchat:

Buka Snapchat.

Di pojok kiri atas, ketuk ikon profil Anda.

Di halaman ini, gulir ke bawah ke bagian “Sorotan & Jepret Peta”.

Klik Jepret.

Setelah dibuka Jepret Terkait, klik ikon tiga titik.

Di sini, ketuk Hapus Snap.

Harap dicatat bahwa setelah Snap dihapus, Anda tidak akan dapat memulihkannya. Selamat mencoba!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *