Rotom, sebuah entitas berwujud plasma dalam dunia Pokémon, telah menjadi salah satu karakter menarik sejak diperkenalkan pertama kali dalam serial Pokémon Diamond dan Pearl. Dibuat oleh Ken Sugimori, Rotom memiliki kemampuan unik untuk memasuki alat elektronik dan mengubah wujudnya sesuai dengan alat yang ditempatinya.

Dalam perkembangannya, Rotom tidak hanya dikenal dengan sifat nakalnya yang suka “bermain” dengan alat-alat elektronik, tetapi juga dengan karakteristik fisik dan kemampuan yang membuatnya menonjol di antara Pokémon lainnya.

 

Bentuk dan Kemampuan

Rotom memiliki tubuh kecil yang memungkinkannya untuk masuk ke berbagai perangkat elektronik. Bentuknya menyerupai penangkal petir dengan aura biru yang menggambarkan muatan listrik yang dimilikinya. Menariknya, mata dan aura listriknya berubah warna sesuai dengan bentuk yang diambilnya. Bahkan dalam bentuk ‘shiny’-nya yang berwarna merah, keunikan dan daya tariknya tetap terjaga.

Beradaptasi dari permainan video sebelumnya yang dikerjakan oleh GameFreak, karakteristik Rotom terinspirasi dari Pulseman. Nama “Rotom” sendiri memiliki kaitan dengan kata “motor” yang dibaca terbalik, mungkin merujuk pada peran Rotom dalam merusak alat-alat elektronik yang ia huni.

Salah satu aspek menarik lainnya adalah kemampuan Rotom untuk berubah bentuk sesuai dengan alat elektronik yang ditempatinya. Dalam Pokémon Platinum, ia dapat mengambil lima bentuk alternatif:

Frost Rotom: Menjadi tipe Ice/Ghost saat berada dalam kulkas dengan jurus spesial Blizzard.
Wash Rotom: Berubah menjadi tipe Water/Ghost ketika masuk ke mesin cuci dengan jurus spesial Hydro Pump.
Mow Rotom: Saat menempati mesin pemotong rumput, ia berjenis Grass/Ghost dan memiliki jurus spesial Leaf Storm.
Fan Rotom: Ketika berada di kipas angin, ia berjenis Flying/Ghost dengan jurus spesial Air Slash.
Heat Rotom: Menjadi tipe Fire/Ghost saat berada dalam oven dengan jurus spesial Overheat.
Namun, dalam keadaan normal tanpa perlengkapan, Rotom tetap berjenis Electric/Ghost. Keunikan ini menjadikan Rotom sebagai Pokémon yang sangat beragam dalam kemampuan bertarungnya.

 

Peran dalam Permainan

Dalam Pokémon Sun dan Moon, Rotom hadir sebagai Pokédex yang interaktif untuk pemain. Meskipun tidak dihitung sebagai Pokémon yang dimiliki atau ditangkap oleh pemain, Rotom dalam Pokédex dapat memberikan informasi tentang Pokémon serta berfungsi sebagai alat untuk mengambil foto di beberapa lokasi tertentu.

 

Data Pokédex dan Ketersediaan

Rotom memiliki nomor nasional 0145 dan termasuk dalam jenis Pokémon Listrik Penerbangan. Dengan tinggi sekitar 1,6 meter dan berat sekitar 52,6 kilogram, Rotom memiliki kemampuan unggulan bernama “Tekanan” dengan kemampuan tersembunyi “Statis.”

Untuk memperoleh Rotom dalam permainan, pemain dapat mentransfernya dari permainan Pokémon sebelumnya melalui Pokébank. Peran Pokédex Rotom juga semakin memperkaya pengalaman pemain dengan memberikan informasi yang berguna seputar Pokémon.

Dengan karakteristik yang unik dan kemampuan yang beragam, Rotom telah menjadi salah satu Pokémon yang menarik perhatian para penggemar Pokémon. Kemampuannya untuk beradaptasi dengan alat elektronik serta peran interaktifnya dalam permainan menjadi nilai tambah yang memikat bagi para pemain Pokémon.

Rotom, dalam segala bentuknya yang unik, tetap menjadi salah satu Pokémon yang penuh kejutan dan keunikan di dunia Pokémon.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *