Pokemon Unite telah meraih sorotan sejak pengumuman resminya dalam Pokemon Presents pada 24 Juni 2021. Dikembangkan oleh Timi Studio Group dan diterbitkan oleh The Pokemon Company serta Nintendo, permainan video ini menawarkan pengalaman bermain gratis yang menarik untuk pengguna Android, iOS, dan Nintendo Switch.

 

Konsep Permainan

Dalam Pokemon Unite, para pemain terlibat dalam pertarungan multipemain dengan dua tim yang terdiri dari lima anggota masing-masing. Mereka bertarung di arena yang terbagi menjadi dua bagian, setiap bagian memiliki titik kontrol yang strategis. Untuk mencetak skor bagi timnya, pemain harus mengalahkan Pokemon liar yang tersebar di peta dan mengarahkan langkah mereka ke titik kontrol untuk mencetak “gol”. Waktu terbatas menambah ketegangan, di mana tim dengan total skor tertinggi pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Pemain memulai permainan dengan Pokemon pada level rendah yang belum berevolusi. Namun, dengan memenangkan pertempuran, mereka dapat meningkatkan level Pokemon mereka, membuka akses ke kemampuan baru, dan memperkuat kekuatan mereka dalam pertarungan.

 

Uniknya Setiap Karakter Pokemon

Salah satu daya tarik utama Pokemon Unite adalah kehadiran “Unite move” yang unik untuk setiap karakter Pokemon. Ini memberikan dimensi strategis yang lebih dalam, memungkinkan pemain untuk menggabungkan kekuatan khusus ini dalam pertempuran untuk membalikkan keadaan.

 

Tahapan Pengembangan

Sejarah pengembangan Pokemon Unite dimulai sejak tahun 2004, ketika ide awal permainan daring multipemain masif Pokemon mulai digagas oleh perusahaan permainan video asal Tiongkok, iQue. Versi beta pertama permainan ini awalnya hanya tersedia di Tiongkok, namun dengan waktu, pengembangannya merambah ke wilayah lain.

Perjalanan pengembangan ini mencapai titik penting saat perusahaan Pokemon mengumumkan ujicoba versi beta tertutup di Kanada pada Maret 2021, khusus untuk pengguna Android. Konfirmasi adanya permainan lintas platform antara Nintendo Switch dan perangkat seluler menjadi kabar menggembirakan bagi penggemar yang menantikan kedatangan permainan ini.

 

Masa Depan Pokémon Unite

Pada Juli 2021, Pokemon Unite dirilis untuk Nintendo Switch, sementara versi Android dan iOS dijadwalkan menyusul pada September 2021. Dengan lebih dari 20 karakter Pokemon yang dapat dimainkan, permainan ini menawarkan potensi yang besar untuk menjadi salah satu MOBA yang diminati oleh para penggemar Pokemon dan penggemar permainan video secara keseluruhan. Dukungan terhadap lintas platform menjanjikan komunitas yang besar dan beragam.

Pokemon Unite mewakili langkah besar bagi waralaba Pokemon, memasuki genre permainan yang baru dengan kekuatan konsep yang familiar. Diharapkan, ini akan menjadi salah satu pilar penting dalam evolusi permainan Pokémon di masa mendatang.

 

Mengenal Lebih Jauh Pokemon Unite

Pokemon, sejak kemunculannya pada tahun 1996, telah mengukir jejak besar dalam dunia game. Namun, hingga belasan tahun berlalu, konsep Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) masih belum diusung dalam game-game Pokemon. Segala kekosongan itu terisi ketika Pokémon Unite akhirnya dirilis.

Pokemon Unite sendiri menorehkan sejarah sebagai game MOBA pertama dalam jagat Pokemon yang kita kenal. Berbeda dengan game lain yang serupa, permainan ini mengusung konsep unik dengan fokus pada skor tertinggi dalam durasi permainan 10 menit dalam pertandingan 5 vs 5.

Salah satu perbedaan signifikan yang mencuat adalah pendekatan permainannya. Jika kebanyakan game MOBA lain menitikberatkan pada penghancuran markas musuh, Pokémon Unite justru menetapkan pemenang berdasarkan skor individu yang dikumpulkan selama pertandingan.

Tak hanya itu, Pokémon Unite juga menghadirkan inovasi dengan evolusi karakter Pokemon. Sebagai seorang Poke Trainer, pemain dapat merasakan sensasi mengembangkan Pokemon yang dipilih. Misalnya, Charmander akan berevolusi menjadi Charmeleon pada level 4 dan seterusnya hingga mencapai kekuatan penuh sebagai Charizard saat mencapai level 9.

Unite Move menjadi keistimewaan lainnya. Sebagai kemampuan pamungkas, serangan ini memiliki dampak luar biasa yang jauh melampaui serangan biasa.

Dalam keunikan lainnya, unsur elemen yang biasanya memengaruhi kekuatan dan kelemahan di game Pokemon lainnya, tidak berpengaruh dalam Pokémon Unite. Hal ini memicu persaingan yang lebih kompetitif di antara para pemain.

Untuk meningkatkan kekuatan Pokemon, pemain harus memanfaatkan item-item tertentu yang bisa didapat sebelum permainan dimulai. Ada misi khusus, event, atau opsi instan dengan menggunakan mata uang di dalam game untuk mendapatkan item tersebut.

Fitur cross-play menjadi daya tarik lainnya. Awalnya hadir di Nintendo Switch, kini Pokémon Unite dapat dimainkan di smartphone, memungkinkan pemain dari platform yang berbeda untuk bermain bersama tanpa batasan.

Dengan semua inovasi dan fitur unik yang ditawarkan, Pokémon Unite menjadi gebrakan segar dalam dunia game, membawa nuansa baru dalam memahami dan mengasah strategi dalam pertarungan Pokemon. Dengan pengalaman yang menarik, game ini terus mengukuhkan posisinya sebagai bagian penting dari waralaba Pokemon yang telah mapan selama ini.

 

Tips Penting untuk Pemain

Pokemon Unite, sebuah permainan mobile yang sedang populer, menawarkan pengalaman yang menarik bagi para pemainnya. Namun, untuk berhasil dalam permainan ini, pemain harus memahami beberapa hal kunci yang akan mempengaruhi jalannya pertandingan.

 

1. Memahami Peran Pokemon

Seperti dalam kebanyakan game mobile lainnya, Pokemon Unite membagi peran-peran yang esensial. Pemahaman akan peran masing-masing sangat penting. Peran Attacker memiliki fokus pada memberikan kerusakan besar, sementara Speedster menonjol dalam kecepatan yang mendukung mobilitasnya.

Di sisi lain, All-Rounder dalam Pokemon Unite perlu memiliki ketahanan yang solid untuk mendominasi jalur atas dan bawah. Sementara itu, Defender memerlukan Pokemon dengan ketahanan tinggi untuk menahan serangan musuh.

Peran Supporter memerlukan Pokemon dengan kemampuan kontrol crowd seperti stun, knock up, dan healing untuk mendukung permainan tim secara efektif.

 

2. Memantau Drednaw, Zapdos, dan Rotom

Tiga Pokemon khusus, yaitu Drednaw, Zapdos, dan Rotom, memiliki peran penting dalam permainan. Rotom berperan di jalur atas dengan potensi memberikan 20 poin. Drednaw hadir di jalur bawah, dengan perisai dan exp yang sangat dibutuhkan bagi tim.

Zapdos, di tengah pertandingan, memberikan 110 poin serta memberikan keunggulan skor instan selama 30 detik bagi tim yang berhasil mengalahkannya.

 

3. Optimalisasi Peningkatan Item

Pemilihan item sebelum pertandingan merupakan langkah krusial bagi pemain Pokemon Unite. Langkah ini dilakukan dengan membuka kunci sesuai dengan level masing-masing pemain. Upgrade item membutuhkan investasi yang signifikan, oleh karena itu, fokus pada satu item untuk ditingkatkan secara maksimal akan lebih menguntungkan, terutama untuk penggunaan pada berbagai Pokemon.

Pemahaman atas tiga poin kunci ini akan menjadi landasan yang kuat sebelum memutuskan untuk memainkan Pokemon Unite. Memahami dinamika peran, peran penting dari Pokemon tertentu, dan pentingnya pengoptimalan item akan memberikan keunggulan tersendiri dalam pertandingan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, selamat mencoba peruntungan dalam petualangan seru Pokemon Unite! Penasaran dengan game yang  satu ini? cek saja langsung Gameplay

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *