Moonton Asal Negara Mana? Yuk Telusuri Sejarah Moonton

Moonton, perusahaan yang ditemukan pada bulan April 2014 di Distrik Minhang, Shanghai, Tiongkok, menjadi sebuah entitas yang mencatat perjalanan yang beragam dalam industri permainan. Didirikan oleh Justin Yuan dan Watson Xu Zhenhua, keduanya kini menjabat sebagai CEO Moonton, memimpin perusahaan ini ke puncak kesuksesan yang terus berkembang.

Pada 6 April 2015, Moonton merilis permainan pertama mereka, Magic Rush: Heroes, sebuah permainan pertahanan menara yang menarik minat para pemain. Namun, momen paling monumental bagi Moonton datang dengan pengembangan permainan multiplayer online battle arena (MOBA), Mobile Legends.

Mobile Legends, yang diluncurkan secara beta di Brazil pada 14 Juli 2016 dengan subjudul “5v5 MOBA”, mengubah lanskap permainan daring. Meskipun keberhasilannya secara global pada November 2016 (kecuali di Tiongkok), perjalanan ini tidaklah mulus.

Popularitas Mobile Legends melonjak, terutama di Asia Tenggara, menjadi permainan gratis yang paling banyak diunduh di iPhone pada tahun 2017 di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Namun, permainan ini terlibat dalam kontroversi yang melibatkan tuduhan penggunaan kekayaan intelektual dari League of Legends, mengakibatkan penghapusan sementara dari Google Play dan App Store atas permintaan Riot Games.

Moonton dengan cepat menanggapi dengan menghapus permainan tersebut sebelum Google melakukan langkah tegas, kemudian meluncurkannya kembali dengan nama Mobile Legends: Bang Bang pada November 2016.

Kontroversi tak berhenti di situ. Pada Juli 2017, Riot Games mengajukan tuntutan terhadap Moonton atas dugaan pelanggaran hak cipta terkait Magic Rush dan Mobile Legends. Meskipun tuntutan itu ditolak oleh Pengadilan Distrik California Tengah, perseteruan antara Moonton dan pihak-pihak lain belum berakhir.

Tencent, induk dari Riot Games, melanjutkan perjuangannya dengan mengajukan tuntutan baru kepada CEO Moonton, Watson Xu Zhenhua, yang sebelumnya adalah salah satu pegawai senior di Tencent. Pengadilan di Shanghai kemudian memutuskan untuk memberi ganti rugi sebesar US$2,9 juta kepada Tencent pada Juli 2018 terkait perjanjian non-kompetisi.

Namun, sejarah kontroversi ini tidak menghentikan langkah Moonton. Pada 22 Maret 2021, ByteDance, pengembang platform seperti TikTok, BABE, Resso, dan Lark, mengumumkan akuisisi Moonton melalui anak perusahaannya, Nuverse, dengan harga yang diperkirakan mencapai $4 miliar. Meskipun Tencent juga tertarik untuk mengakuisisi Moonton, ByteDance berhasil keluar sebagai pemenang.

Kisah Moonton adalah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan prestasi. Dari konflik hukum hingga akuisisi oleh salah satu nama besar dalam industri teknologi, perusahaan ini terus beradaptasi dan mengejar kesuksesan yang lebih besar di pasar yang terus berkembang dalam industri game.

 

Beragam Fakta Unik dan Menarik dari Moonton Games

Industri game online telah menyaksikan kemunculan puluhan developer yang menawarkan pengalaman MOBA terbaik. Dalam lautan ini, Moonton, sebuah perusahaan asal China, telah mencatat sejumlah fakta unik yang menarik terkait perkembangan permainan yang mereka tawarkan, khususnya Mobile Legends.

 

1. Lisensi dari Perusahaan Lain

Moonton, sebagai pengelola Mobile Legends, memperoleh lisensi permainan ini dari Tencent, mengamankan hak cipta atas produknya. Keputusan ini memungkinkan Mobile Legends meraih popularitas sebagai game MOBA paling laris di Indonesia.

 

2. Mengadopsi Permainan dari Tencent

Tidak hanya bergantung pada karyanya sendiri, Moonton juga mengadopsi jenis permainan dari Tencent, seperti King of Glory (Arena of Valor di Indonesia). Meskipun kesamaan dalam gameplay antara AOV dan ML terlihat, perbedaan mendasar terletak pada karakter, jenis, dan skill hero yang disajikan.

 

3. Absennya Situs Company Profile

Keunikan lain dari Moonton adalah absennya situs web resmi yang berisi company profile. Hal ini mengejutkan, mengingat pentingnya platform ini untuk memberikan informasi terperinci tentang perusahaan serta produk yang mereka kelola. Ketiadaan ini kadang membuat para penggemar kesulitan mencari informasi yang lebih mendalam tentang Moonton.

 

4. Transformasi Logo Perusahaan

Moonton melakukan transformasi pada logo perusahaannya yang sebelumnya terkesan kuno dan kurang dikenali. Perubahan pada logo, terutama pada gambar di tengah lingkaran, memberikan kesan modern yang lebih mudah dikenali oleh para pemain game. Langkah ini mempermudah pengenalan merek Moonton.

 

5. Diversifikasi Permainan MOBA

Tidak hanya terpaku pada Mobile Legends, Moonton kini mengelola beragam game MOBA lainnya. Game-game seperti Watcher of Realms, Fantasy Merge Zoo, Sweet Crossing, Mobile Legends: Adventure, dan Mobile Legends: Bang-Bang adalah bukti keberanian Moonton dalam merambah variasi permainan MOBA.

Moonton Games, dengan ragam fakta uniknya, terus menunjukkan evolusi dan inovasi dalam dunia game online. Keberanian mereka dalam mengadopsi, mengelola, dan mengembangkan berbagai jenis permainan MOBA menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan pengalaman bermain yang beragam dan menarik bagi para penggemar game.

 

Daftar Permainan Terpopuler dari Moonton Games yang Wajib Kamu Coba

Moonton, awalnya dikenal sebagai pengembang utama dari game MOBA Mobile Legends. Namun, terobosan terbaru mereka telah melampaui batas itu, menawarkan sejumlah permainan mobile online yang tak kalah menghibur dari Mobile Legends.

Tak hanya itu, Moonton kini menghadirkan game-game mobile khusus untuk perangkat dengan spesifikasi rendah, sehingga penggemar setia tetap bisa merasakan sensasi bermain game kelas atas yang mereka tawarkan.

Inilah daftar game online terbaru dari Moonton yang patut menjadi sorotan. Pertama adalah Watcher of Realms, sebuah permainan yang menghadirkan grafis yang sangat memikat. Dengan ruang penyimpanan sekitar 900 MB, game ini mudah diunduh dan dimainkan.

Cara memainkannya pun sangat sederhana, cukup dengan mengumpulkan sejumlah hero untuk memenangkan setiap sesi permainan. Watcher of Realms memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta game.

Game kedua yang patut dicoba adalah Fantasy Merge Zoo. Permainan ini menantang pemain untuk mengekspresikan kreativitas dalam mengelola sebuah kebun binatang. Mulai dari penataan kebun, kandang binatang, hingga kebun sayur, semua bisa diatur sesuai imajinasi.

Kelebihan lainnya, game ini kompatibel dengan berbagai model dan jenis smartphone serta hanya membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 100 MB saja.

Sementara itu, game ketiga yang tak boleh dilewatkan adalah Mobile Legends: Adventure. Berbeda dengan Mobile Legends: Bang-Bang, permainan ini memiliki fokus misi untuk menyelamatkan Land of Down dari kehancuran.

Keunikan dari Mobile Legends: Adventure adalah kemampuannya untuk dimainkan bersama pemain lain secara lokal maupun global. Dengan rating 4,2 dan ulasan positif dari lebih dari 800 ribu pengguna, ini menjadi pilihan menarik bagi penggemar game.

Dari Watcher of Realms yang memikat hingga Fantasy Merge Zoo yang menggugah kreativitas, serta Mobile Legends: Adventure dengan misi menyelamatkan dunia, Moonton terus menawarkan pengalaman gaming yang tak terlupakan bagi para penggemarnya. Jadi, jangan ragu untuk menjajal serunya game-game terbaru mereka!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *