Ludicorp adalah perusahaan teknologi yang didirikan oleh Stewart Butterfield dan Caterina Fake pada tahun 2002. Perusahaan ini terkenal karena menciptakan sebuah platform berbagi foto yang sangat populer pada masanya, yang kemudian dikenal sebagai Flickr.

Flickr awalnya dirancang sebagai bagian dari perangkat lunak permainan bernama Game Neverending, yang juga dikembangkan oleh Ludicorp. Namun, ketika mereka menghadapi kesulitan dalam mengembangkan game tersebut, mereka memutuskan untuk fokus pada fitur berbagi foto yang menarik dalam permainan itu. Akhirnya, pada tahun 2004, Ludicorp meluncurkan Flickr sebagai platform terpisah untuk berbagi dan menyimpan foto secara online.

Flickr menjadi sangat populer karena memperkenalkan konsep tag dan komunitas berbagi foto secara luas. Pengguna dapat mengunggah, menyimpan, dan berbagi foto mereka dengan mudah, sambil memberikan tag untuk memudahkan pencarian dan pengelompokan foto. Ini membantu menciptakan komunitas yang kuat di sekitar platform tersebut.

Kemudian, pada tahun 2005, Ludicorp menjual Flickr kepada Yahoo!. Meskipun begitu, kontribusi Flickr terhadap konsep berbagi foto secara online dan konstruksi komunitas meluas tetap menjadi bagian penting dari sejarah internet.

Meskipun Ludicorp sudah tidak lagi eksis sebagai entitas independen setelah penjualan Flickr, namanya tetap dikenang sebagai perusahaan yang menciptakan salah satu platform berbagi foto paling berpengaruh dalam sejarah internet.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *