Elon Reeve Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Dia adalah seorang pengusaha dan investor yang dikenal sebagai pendiri, CEO, dan insinyur kepala SpaceX; CEO dan arsitek produk Tesla, Inc.; pemilik dan CTO X Corp.; pendiri The Boring Company dan xAI; serta salah satu pendiri Neuralink, OpenAI, Zip2, dan X.com (bagian dari PayPal).

Musk menunjukkan bakat awal untuk komputer dan kewirausahaan. Pada usia 12 tahun, dia menciptakan sebuah video game dan menjualnya ke majalah komputer. Pada tahun 1988, setelah mendapatkan paspor Kanada, Musk meninggalkan Afrika Selatan karena dia tidak mau mendukung apartheid melalui pelayanan militer wajib dan karena dia mencari peluang ekonomi yang lebih besar yang tersedia di Amerika Serikat.

Musk menghadiri Queen’s University di Kingston, Ontario, dan pada tahun 1992 dia pindah ke University of Pennsylvania, Philadelphia, di mana dia menerima gelar sarjana dalam fisika dan ekonomi pada tahun 19972. Dia mendaftar di sekolah pascasarjana dalam fisika di Stanford University di California, tetapi dia pergi setelah hanya dua hari karena dia merasa bahwa Internet memiliki potensi yang jauh lebih besar untuk mengubah masyarakat daripada pekerjaan dalam fisika.

Pada tahun 1995, dia mendirikan Zip2, sebuah perusahaan yang menyediakan peta dan direktori bisnis ke surat kabar online. Pada tahun 1999, Zip2 dibeli oleh produsen komputer Compaq seharga $307 juta, dan Musk kemudian mendirikan perusahaan layanan keuangan online, X.com, yang kemudian menjadi PayPal, yang mengkhususkan diri dalam mentransfer uang secara online. Lelang online eBay membeli PayPal pada tahun 2002 seharga $1,5 miliar.

Musk adalah salah satu pendiri PayPal, sebuah perusahaan yang bergabung dengan bank online-nya X.com pada tahun 2000 dan menjadi pemimpin global dalam pembayaran online3. Dia menggunakan bagian dari penjualan PayPal untuk mendanai usahanya, termasuk Tesla dan SpaceX3.

Pada tahun 2022, Musk membahas tujuan menciptakan “X, aplikasi segalanya”. Dia adalah orang terkaya di dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$232 miliar pada Desember 2023, menurut Bloomberg Billionaires Index, dan $210,2 miliar menurut Forbes, terutama dari kepemilikannya di Tesla dan SpaceX.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *