David Karp, seorang pengembang dan pengusaha web asal Amerika, lahir pada 6 Juli 1986 di New York, AS. Ia terkenal sebagai pendiri situs mikroblog Tumblr yang revolusioner.

Karp tumbuh besar di Upper West Side Manhattan sebagai anak sulung dari seorang guru dan seorang komposer. Minatnya dalam teknologi dan pemrograman muncul sejak usia dini, bahkan belajar HTML secara otodidak ketika usianya baru 11 tahun. Pada usia 15 tahun, Karp meninggalkan Sekolah Menengah Sains Bronx dan memilih belajar di rumah bersama ibunya untuk mengejar kesempatan magang di Frederator Studios, sebuah perusahaan animasi yang mayoritas operasinya berjalan secara daring. Di sana, Karp mulai terlibat dalam pengembangan web untuk UrbanBaby, sebuah platform papan pesan bagi orangtua untuk berdiskusi mengenai pengasuhan anak. Meskipun sebagian besar pekerjaannya dilakukan dari jarak jauh, pada usia 17 tahun, ia memutuskan untuk singgah sejenak di Jepang untuk mendalami lebih lanjut teknologi di negara tersebut sebelum akhirnya kembali ke New York.

Setelah UrbanBaby diakuisisi oleh perusahaan lain pada tahun 2006, Karp mengumpulkan sejumlah modal untuk mendirikan konsultanannya sendiri, Davidville. Dalam perjalanannya, ia merekrut seorang programmer bernama Marco Arment untuk membantunya. Ketika Davidville mengalami masa sulit, Karp memotivasi Arment untuk bersamanya membangun sebuah situs blog yang telah lama ia impikan.

Terwujudlah Tumblr, yang diluncurkan pertama kali dalam versi beta pribadi pada tahun 2006 dan kemudian secara resmi untuk publik pada awal tahun 2007. Tumblr menjadi wadah bagi “tumblelogs,” yaitu blog berisi konten pendek seperti teks, foto, video, audio, link, kutipan, dan log obrolan. Pengguna dapat membuat postingan dengan berbagai format hanya dengan mengklik tombol. Mereka diberi kebebasan untuk menyesuaikan tema blog mereka secara pribadi, memilih dari beberapa tema default, atau membeli tema yang sudah tersedia.

Tumblr berhasil menghasilkan pendapatan melalui penjualan tema, kerjasama dengan perusahaan untuk membangun feed Tumblr yang efektif dalam pemasaran, serta melalui fitur-fitur promosi lainnya. Dengan pendekatan yang berbeda dari blog lainnya, Tumblr membangun lingkungan positif bagi penggunanya dengan menghindari fitur komentar yang dominan, sebagai upaya Karp untuk mencegah vandalisme dan perilaku tidak diinginkan lainnya. Meskipun demikian, pengguna tetap dapat berinteraksi dengan cara “me-reblog” dan menambahkan komentar pada kiriman pengguna lain.

Kemudahan penggunaan dan atmosfer positif yang dipromosikan oleh Tumblr melalui terminologi yang ramah pengguna, seperti “surat penggemar” alih-alih pesan, serta tombol hati untuk menunjukkan dukungan terhadap konten tertentu, telah berkontribusi besar terhadap popularitasnya. Seiring berjalannya waktu, Tumblr yang bermarkas besar di New York City berhasil menampung lebih dari 70 juta blog dan mempekerjakan sekitar 100 orang hanya dalam kurun waktu lima tahun setelah debutnya.

Pada tahun 2013, Yahoo! membeli Tumblr dengan harga yang menggiurkan, melebihi $1 miliar, dengan Karp tetap memegang posisi CEO. Namun, akuisisi ini dianggap sebagai kekecewaan karena Tumblr gagal mencapai ekspektasi pendapatan yang diharapkan. Yahoo! kemudian menurunkan valuasi perusahaan tersebut menjadi kurang dari setengah dari nilai pembeliannya. Pada tahun 2017, Tumblr menjadi bagian dari Sumpah setelah Verizon membeli Yahoo!. Tak lama setelahnya, Karp mengumumkan pengunduran dirinya dari Tumblr.

David Karp, dengan perjalanan karir yang penuh tantangan dan prestasi, tetap menjadi salah satu tokoh yang memberikan kontribusi besar dalam dunia teknologi modern, melalui penciptaan Tumblr yang telah mengubah lanskap media sosial dan blogging secara signifikan.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *