WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang populer di seluruh dunia. Dengan WhatsApp, Anda dapat mengirim berbagai jenis konten multimedia, seperti foto, video, dokumen, lokasi, dan kontak, kepada pengguna lain. Cara mengirim konten multimedia di WhatsApp cukup mudah, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

 

Mengirim Media

Media adalah konten multimedia yang berupa foto atau video. Anda dapat mengirim media yang sudah ada di ponsel Anda, atau mengambil foto atau video baru menggunakan kamera. Anda juga dapat menambahkan keterangan pada media yang Anda kirim. Berikut adalah cara mengirim media di WhatsApp:

 

Buka chat individual atau grup yang ingin Anda kirim media.

Untuk mengambil atau melampirkan foto atau video dengan cepat, ketuk ikon kamera di sebelah kolom pengetikan teks. Atau, ketuk ikon lampirkan yang bergambar klip kertas, lalu ketuk Galeri untuk memilih foto atau video yang sudah ada. Anda dapat mengetuk dan menahan untuk memilih hingga 100 gambar sekaligus.

Jika Anda ingin menambahkan keterangan pada media yang Anda kirim, ketik teks di kolom yang tersedia. Anda dapat juga menggesek untuk berpindah ke media lain dan menambahkan keterangan di setiap media.

Ketuk ikon kirim yang bergambar panah ke kanan untuk mengirim media.

Catatan: Anda dapat menyesuaikan kualitas media yang Anda kirim dengan mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu ketuk Kualitas standar atau Kualitas HD. Kualitas media yang diunggah ke WhatsApp mungkin lebih rendah daripada versi aslinya karena file media biasanya dikompres saat dibagikan. Untuk menghindari foto profil berkualitas rendah, kami sarankan Anda menggunakan gambar dengan tinggi dan lebar setidaknya 192 piksel.

 

Mengirim Dokumen

Dokumen adalah konten multimedia yang berupa file teks, PDF, presentasi, spreadsheet, atau jenis file lainnya. Anda dapat mengirim dokumen yang tersimpan di ponsel Anda atau di layanan penyimpanan awan, seperti Google Drive atau iCloud. Berikut adalah cara mengirim dokumen di WhatsApp:

 

Buka chat individual atau grup yang ingin Anda kirim dokumen.

Ketuk ikon lampirkan yang bergambar klip kertas, lalu ketuk Dokumen untuk memilih dokumen yang berukuran hingga 2 GB dari ponsel Anda atau layanan penyimpanan awan yang terhubung.

Anda dapat mengetuk ikon pencarian untuk mencari dokumen tertentu, atau mengetuk ikon filter untuk menyaring dokumen berdasarkan jenis atau ukuran.

Ketuk dokumen yang ingin Anda kirim, lalu ketuk Kirim.

Catatan: Ukuran maksimal dokumen yang dapat dikirim melalui WhatsApp adalah 2 GB. Anda dapat menyimpan dokumen yang Anda terima ke dalam direktori penyimpanan dokumen WhatsApp yang berada di dalam alamat: storage/whatsapp/media/whatsappdocuments.

 

Mengirim Lokasi

Lokasi adalah konten multimedia yang berupa informasi geografis tentang tempat tertentu. Anda dapat mengirim lokasi yang sedang Anda berada, atau lokasi lain yang Anda pilih. Anda juga dapat mengirim lokasi langsung, yaitu lokasi yang terus diperbarui selama periode waktu tertentu. Berikut adalah cara mengirim lokasi di WhatsApp:

 

Buka chat individual atau grup yang ingin Anda kirim lokasi.

Ketuk ikon lampirkan yang bergambar klip kertas, lalu ketuk Lokasi untuk mengirim lokasi atau tempat sekitar Anda.

Anda dapat mengetuk ikon GPS untuk menemukan lokasi Anda saat ini, atau mengetuk ikon pencarian untuk mencari lokasi lain. Anda juga dapat mengetuk ikon plus untuk memperbesar atau memperkecil peta.

Ketuk lokasi yang ingin Anda kirim, lalu ketuk Kirim lokasi ini. Anda dapat juga menambahkan keterangan pada lokasi yang Anda kirim.

Jika Anda ingin mengirim lokasi langsung, ketuk Bagikan lokasi langsung, lalu pilih durasi waktu yang Anda inginkan. Anda dapat menghentikan berbagi lokasi langsung kapan saja dengan mengetuk Berhenti berbagi.

Catatan: Untuk mengirim lokasi di WhatsApp, Anda perlu memberi izin aplikasi WhatsApp untuk mengakses Layanan Lokasi di ponsel Anda. Anda juga perlu terhubung dengan internet untuk mengirim atau menerima lokasi.

Baca juga Cara Memperbarui WhatsApp

Mengirim Kontak

Kontak adalah konten multimedia yang berupa informasi pribadi tentang orang tertentu, seperti nama, nomor telepon, alamat email, dan lain-lain. Anda dapat mengirim kontak yang tersimpan dalam buku alamat di ponsel Anda, atau kontak yang ada di WhatsApp. Berikut adalah cara mengirim kontak di WhatsApp:

 

Buka chat individual atau grup yang ingin Anda kirim kontak.

Ketuk ikon lampirkan yang bergambar klip kertas, lalu ketuk Kontak untuk mengirim informasi kontak yang disimpan dalam buku alamat di ponsel Anda melalui WhatsApp.

Anda dapat mengetuk ikon pencarian untuk mencari kontak tertentu, atau mengetuk ikon filter untuk menyaring kontak berdasarkan nama atau grup.

Ketuk kontak yang ingin Anda kirim, lalu ketuk Kirim. Anda dapat juga mengetuk ikon centang untuk memilih informasi kontak tertentu yang ingin Anda kirim.

Catatan: Untuk mengirim kontak di WhatsApp, Anda perlu memberi izin aplikasi WhatsApp untuk mengakses Kontak di ponsel Anda. Anda juga perlu terhubung dengan internet untuk mengirim atau menerima kontak.

 

Demikian artikel yang saya buat tentang cara mengirim media, kontak, atau lokasi di WhatsApp. Semoga bermanfaat.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *