Blogger memiliki dua konsep utama, yaitu sebagai platform dan sebagai profesi.

 

Blogger sebagai Platform

Blogger.com, yang dimiliki oleh Google, adalah platform blogging gratis yang telah ada sejak tahun 1998. Platform ini diciptakan oleh Pyra Labs, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan. Tujuan utama dari pembuatan Blogger adalah untuk menyediakan alat yang memudahkan siapa saja untuk mempublikasikan konten online tanpa memerlukan keahlian pemrograman atau desain web.

Salah satu daya tarik utama Blogger adalah kemudahannya. Antarmuka yang sederhana memungkinkan pengguna, bahkan yang tidak berpengalaman sekalipun, untuk membuat blog dan memulai posting dalam hitungan menit. Kemudahan ini mendorong banyak orang untuk terjun ke dunia blogging.

Pada tahun 2003, Blogger diakuisisi oleh Google. Ini menjadi titik balik dalam evolusi platform ini. Dengan sumber daya yang dimiliki Google, Blogger mendapatkan banyak peningkatan fitur, integrasi dengan layanan Google lainnya, dan peningkatan stabilitas.

Seiring berkembangnya industri blogging, banyak platform lain yang muncul dan bersaing dengan Blogger, seperti WordPress, Tumblr, dan Medium. Meskipun demikian, Blogger terus inovatif dengan menambahkan fitur-fitur baru seperti dukungan untuk seluler, integrasi dengan Google Adsense, dan template yang responsif.

Hingga saat ini, Blogger tetap menjadi platform yang populer, terutama di kalangan blogger pemula dan mereka yang mencari solusi gratis dan mudah untuk memulai. Meskipun persaingannya ketat, terutama dari WordPress yang kini mendominasi pasar, Blogger tetap memiliki tempat khusus di hati banyak penulis online.

Blogger telah melalui perjalanan panjang sejak didirikan pada tahun 1999. Sebagai salah satu platform blogging pertama, ia telah memainkan peran penting dalam revolusi konten digital dan memberikan suara kepada jutaan orang di seluruh dunia. Meskipun dunia blogging telah berubah dan berkembang, Blogger tetap menjadi bagian integral dari tapestri digital kita1.

Blogger, sebagai salah satu platform blogging tertua dan paling populer, menawarkan berbagai manfaat bagi para penggunanya, baik bagi pemula maupun blogger berpengalaman. Beberapa manfaat utama dari menggunakan Blogger antara lain kemudahan penggunaan, antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif, serta memungkinkan pengguna untuk memulai blog tanpa perlu pengetahuan teknis mendalam.

 

Blogger sebagai Profesi

Seorang blogger adalah individu yang menggunakan blog untuk mengekspresikan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Mereka mengelola blog sebagai tempat untuk memamerkan karya mereka dalam bentuk artikel, video, dan foto.

 

Cara Membuat Blog di Blogger

Untuk membuat blog di Blogger, berikut adalah langkah-langkahnya:

 

Buat akun Blogger dengan akun Google Anda.

Kunjungi situs Blogger.com.

Klik “Sign In” di pojok kanan atas.

Masukkan email dan password akun Google Anda, lalu klik “Next”.

Jika Anda belum memiliki akun Google, klik “Create account” dan ikuti petunjuknya.

Buat blog baru.

Setelah masuk ke Blogger, klik “Create Your Blog”.

Anda akan diminta untuk memasukkan judul blog Anda. Judul ini akan muncul di bagian atas blog Anda dan dalam hasil pencarian.

Setelah memasukkan judul, klik “Next”.

Mulai membuat postingan atau halaman.

Di dashboard Blogger, klik “New Post” untuk mulai menulis postingan baru.

Anda juga bisa membuat halaman statis, seperti “About Me” atau “Contact”, dengan mengklik “Pages” di menu sebelah kiri, lalu “New Page”.

Atur tampilan blog sesuai keinginan Anda.

Klik “Theme” di menu sebelah kiri untuk memilih dan menyesuaikan tema blog Anda.

Anda bisa memilih dari berbagai tema yang disediakan oleh Blogger, atau mengunggah tema kustom.

Atur tata letak blog sesuai kebutuhan Anda.

Klik “Layout” di menu sebelah kiri untuk mengatur elemen-elemen di blog Anda, seperti header, sidebar, dan footer.

Anda bisa menambah, menghapus, atau mengubah urutan elemen dengan cara menyeret dan menjatuhkannya.

Publikasikan blog Anda.

Setelah Anda puas dengan tampilan dan konten blog Anda, saatnya untuk mempublikasikannya.

Klik “Settings” di menu sebelah kiri, lalu cari bagian “Privacy”.

Centang kotak di samping “Add your blog to our listings?” dan “Let search engines find your blog?”, lalu klik “Save settings”.

Lakukan pengaturan tambahan.

Di bagian “Settings”, Anda juga bisa mengatur berbagai aspek lain dari blog Anda, seperti bahasa dan pemformatan, pengaturan postingan, komentar, dan sharing, pengaturan SEO, dan pengaturan pengguna.

 

Fitur yang Tersedia di Blogger.com

Template Designer: Mengedit tampilan blog.

Earning Tabs: Mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense.

Stats Tab: Melihat statistik blog.

Blogger Buzz: Mendapatkan informasi terbaru tentang Blogger.

Google Video: Menambahkan video dari Google Video ke blog.

Blogging By Phone: Memposting blog melalui telepon.

Google+: Menghubungkan blog dengan akun Google+.

Blogger Widgets: Menambahkan widget ke blog.

Dengan demikian, Blogger.com adalah platform yang memungkinkan individu untuk berbagi ide dan informasi melalui blog, serta memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan melalui iklan. Selain itu, menjadi seorang blogger juga bisa menjadi profesi yang memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri dan membagikan pengetahuan mereka kepada dunia.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *